Minggu, 27 Februari 2011

Uji Protein

Uji protein dan amilum

A.Uji Protein
-tes biuret
1.Masukkan 1 ml putih telur dalam tabung reaksi dan tambahkan 2-3 tetes larutan CuSO4 1% kemudian tambahkan 1ml larutan NaOH 0,1 M. Campurlah baik baik dan amati perubahan yang terjadi.

2.Ulangi langkah tersebut dengan menggunakan susu,gelatin,agar-agar dan kapas. Bila ada yang tidak mudah larut setelah ditambahkan NaOH, panaskan dahulu beberapa menit hingga semua larut,lalu dinginkan

-Tes Xantoproteat
Masukkan 1 ml putih telur dalam tabung dan tambahkan 2 tetes HNO3 pekat. Panaskan 1-2 menit dalam penangas air. Amati warna yang terjadi, setelah dingin tambahkan larutan NaOH 1 M tetes demi tetes hingga berlebih. Amati perubahan yang terjadi.

2. Ulangi langkah tersebut dengan menggunakan susu,gelatin,agar-agar dan kapas. Jika zat padat yang digunakan, tambahkan terlebih dahulu 5-10 tetes air sebelum diberi pereaksi.

Test Timbal Asetat
1. Dalam tabung reaksi yang berisi 0,5 ml larutan NaOH 6M tambahkan 1 ml putih telur. Didihkan selama 2 menit, lalu dinginkan.
2. Asamkan dengan 2ml CH3COOH 3M. Tutuplah mulut tabung dengan kertas saring yang telah dibatasi Pb(CH3COOH)2. Panaskan tabung tersebut dalam penangas air dan amatilah perubahan yang terjadi pada kertas saring tersebut.
3. Ulangi percobaan tersebut dengan susu, gelatin, agar-agar dan kapas. Tidak perlu dilarutkan. Amati perubahan yang terjadi.
Pertanyaan:
1.Bagaimana kesimpulan kamu, bila bahan-bahan yang diuji tidak memberikan nilai positif?
2. Dari bahan yang diuji, manakah yang mengandung.
a. Ikatan peptida,inti benzena, dan belerang?
b. Hanya mengandung ikatan peptida?
c. Bukan protein?

B. Uji amilum.
1. Tambahkan 3 tetes larutan Iodin pada kertas saring dalam kaca arloji. Perhatikan warna yang terjadi pada kertas saring!

2. Ulangi langkah 1 dengan amilum. Bandingkan dengan hasil langkah 1 dan 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar